10 Kewajiban Siswa di Sekolah

Posted on

Siswa memiliki tanggung jawab besar dalam menjalani masa-masa sekolah. Selain belajar, mereka juga harus memenuhi beberapa kewajiban di sekolah. Berikut ini adalah 10 kewajiban siswa di sekolah yang harus dipenuhi.

1. Mematuhi Aturan Sekolah

Siswa harus mematuhi aturan sekolah yang telah ditetapkan. Aturan tersebut bisa berupa tata tertib, jadwal pelajaran, dan peraturan lainnya. Dengan mematuhi aturan sekolah, siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman.

2. Hadir di Sekolah Tepat Waktu

Siswa harus hadir di sekolah tepat waktu. Keterlambatan dapat mengganggu jalannya proses belajar-mengajar. Selain itu, siswa yang sering terlambat juga dapat dikenakan sanksi oleh pihak sekolah.

3. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan

Siswa harus menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan sekolah. Hal ini mencakup tindakan seperti membuang sampah pada tempatnya, merapikan meja dan kursi, serta menjaga kebersihan toilet.

Pos Terkait:  Punya Pertanyaan? Inilah Jawabannya!

4. Menghormati Guru dan Teman Sekelas

Siswa harus menghormati guru dan teman sekelas. Hal ini mencakup tindakan seperti mengikuti instruksi guru dengan baik, tidak mengganggu teman saat belajar, dan tidak melakukan tindakan bullying atau intimidasi kepada teman sekelas.

5. Mengikuti Pelajaran dengan Sungguh-sungguh

Siswa harus mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh. Hal ini mencakup tindakan seperti memperhatikan penjelasan guru, bertanya jika ada yang tidak dipahami, serta mengerjakan tugas dengan baik.

6. Tidak Mencontek dalam Ujian

Siswa harus menjaga integritas dalam ujian dengan tidak mencontek. Mencontek dapat merugikan diri sendiri dan juga teman sekelas yang berusaha belajar dengan sungguh-sungguh.

7. Menjaga Kesehatan

Siswa harus menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga secara teratur, dan tidur yang cukup. Siswa yang sehat akan lebih mudah untuk belajar dan mengikuti kegiatan di sekolah.

8. Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Siswa sebaiknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan oleh sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa mengembangkan bakat dan minat, serta memperluas jaringan pertemanan.

9. Rajin Membaca Buku

Siswa sebaiknya rajin membaca buku untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca. Siswa yang rajin membaca akan lebih mudah memahami materi pelajaran dan juga dapat mengembangkan kemampuan berbahasa.

Pos Terkait:  Istilah Populer Berarti Tidak Dikenal Oleh Khalayak Luas

10. Menghargai Perbedaan

Siswa harus menghargai perbedaan antara satu dan lainnya. Hal ini mencakup tindakan seperti tidak membeda-bedakan teman berdasarkan latar belakang, agama, atau suku bangsa. Menghargai perbedaan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis dan damai.

Kesimpulan

10 kewajiban siswa di sekolah yang harus dipenuhi adalah mematuhi aturan sekolah, hadir di sekolah tepat waktu, menjaga kebersihan dan kerapihan, menghormati guru dan teman sekelas, mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh, tidak mencontek dalam ujian, menjaga kesehatan, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, rajin membaca buku, dan menghargai perbedaan. Dengan memenuhi kewajiban tersebut, siswa dapat menjadi pribadi yang baik dan sukses di masa depan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *