10 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Dibutuhkan yang Perlu Kamu Tau

Posted on

Banyak orang yang menganggap bahwa jurusan-jurusan yang populer seperti teknik, kedokteran, dan hukum adalah satu-satunya pilihan yang baik untuk mengejar karir. Padahal, ada banyak jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Berikut adalah 10 jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan yang perlu kamu tau:

1. Statistika

Jurusan statistika biasanya dianggap sulit dan tidak menarik, namun sebenarnya statistika sangat dibutuhkan di berbagai bidang seperti bisnis, pemerintahan, dan riset. Jurusan ini mengajarkan kamu tentang analisis data, prediksi, dan pengambilan keputusan berdasarkan fakta.

2. Arkeologi

Jurusan arkeologi mungkin terdengar kuno dan tidak berguna, namun sebenarnya arkeologi sangat penting untuk memahami sejarah dan budaya suatu bangsa. Selain itu, arkeologi juga dibutuhkan dalam industri pariwisata dan konservasi alam.

3. Linguistik

Jurusan linguistik mempelajari tentang bahasa dan komunikasi. Jurusan ini dapat membuka peluang kerja di bidang penerjemahan, pengajaran bahasa, dan teknologi bahasa.

4. Geologi

Jurusan geologi mempelajari tentang bumi dan segala isinya. Jurusan ini dibutuhkan dalam industri pertambangan, minyak dan gas, serta penelitian alam.

Pos Terkait:  Produksi Tepung Terigu: Peran Penting dalam Agroindustri dan Ketersediaan Pangan

5. Teknik Geodesi

Jurusan teknik geodesi mengajarkan tentang pengukuran dan pemetaan bumi. Jurusan ini dibutuhkan dalam industri konstruksi, pertambangan, dan navigasi.

6. Astronomi

Jurusan astronomi mempelajari tentang benda langit di alam semesta. Jurusan ini dibutuhkan dalam penelitian dan pengembangan teknologi yang berkaitan dengan angkasa luar.

7. Ilmu Perpustakaan

Jurusan ilmu perpustakaan mengajarkan tentang manajemen informasi dan literasi. Jurusan ini dibutuhkan dalam berbagai institusi seperti perpustakaan, arsip, dan media massa.

8. Teknik Pertanian

Jurusan teknik pertanian mengajarkan tentang teknologi dan manajemen pertanian. Jurusan ini dibutuhkan dalam industri pertanian dan pangan.

9. Matematika Terapan

Jurusan matematika terapan mengajarkan tentang penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini dibutuhkan dalam berbagai bidang seperti keuangan, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

10. Konservasi Sumber Daya Alam

Jurusan konservasi sumber daya alam mengajarkan tentang pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam. Jurusan ini dibutuhkan dalam industri pariwisata, lingkungan, dan konservasi alam.

Itulah 10 jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan yang perlu kamu tau. Jangan terpaku pada jurusan-jurusan populer, namun pertimbangkan juga jurusan-jurusan yang memiliki potensi besar di masa depan.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik dengan salah satu dari 10 jurusan di atas? Jangan ragu untuk mengejar passionmu dan mengeksplorasi berbagai pilihan karir yang tersedia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *