10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Gaji Tinggi

Posted on

Memilih jurusan kuliah yang tepat menjadi sebuah keputusan yang penting dan menentukan masa depan. Namun, tidak semua jurusan kuliah memiliki minat yang tinggi dari calon mahasiswa. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa jurusan kuliah yang sepi peminat namun memiliki gaji yang tinggi? Berikut ini adalah sepuluh jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji tinggi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi mempelajari tentang struktur dan sifat bumi serta sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap sulit dan berat. Namun, lulusan Teknik Geologi memiliki peluang karir yang luas, mulai dari industri minyak dan gas, pertambangan, hingga konsultan geologi. Gaji awal lulusan Teknik Geologi bisa mencapai Rp 8 juta per bulan.

2. Teknik Kelautan

Jurusan Teknik Kelautan mempelajari tentang pemanfaatan sumber daya laut dan pengembangan teknologi kelautan. Jurusan ini juga sepi peminat karena dianggap kurang populer. Padahal, lulusan Teknik Kelautan memiliki potensi karir di industri perkapalan, pengeboran minyak lepas pantai, dan konstruksi offshore. Gaji awal lulusan Teknik Kelautan bisa mencapai Rp 7 juta per bulan.

Pos Terkait:  Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Yogyakarta

3. Statistika

Jurusan Statistika mempelajari tentang analisis data dan pengembangan model matematika untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai bidang, seperti bisnis, keuangan, dan ilmu sosial. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap sulit dan berat. Namun, lulusan Statistika sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan dan lembaga, baik swasta maupun pemerintah. Gaji awal lulusan Statistika bisa mencapai Rp 7 juta per bulan.

4. Kimia Lingkungan

Jurusan Kimia Lingkungan mempelajari tentang polusi lingkungan dan pengembangan solusi untuk mengurangi dampak negatifnya. Jurusan ini juga sepi peminat karena dianggap kurang populer. Padahal, lulusan Kimia Lingkungan memiliki peluang karir di perusahaan yang membutuhkan ahli lingkungan, seperti industri kimia, minyak dan gas, dan konsultan lingkungan. Gaji awal lulusan Kimia Lingkungan bisa mencapai Rp 5 juta per bulan.

5. Arkeologi

Jurusan Arkeologi mempelajari tentang sejarah dan kebudayaan manusia melalui sisa-sisa arkeologis yang ditemukan. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap kurang bergengsi dan sulit mendapatkan pekerjaan. Namun, lulusan Arkeologi memiliki peluang karir di museum, lembaga perlindungan cagar budaya, dan konsultan arkeologi. Gaji awal lulusan Arkeologi bisa mencapai Rp 4 juta per bulan.

6. Agribisnis

Jurusan Agribisnis mempelajari tentang manajemen dan pemasaran produk pertanian dan peternakan. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap kurang menjanjikan dan kurang populer. Padahal, lulusan Agribisnis memiliki peluang karir di perusahaan-perusahaan agroindustri, lembaga riset pertanian, dan konsultan agribisnis. Gaji awal lulusan Agribisnis bisa mencapai Rp 4 juta per bulan.

Pos Terkait:  Tentukan Luas Segitiga Berikut: Cara Mudah Menghitung Luas Segitiga

7. Peternakan

Jurusan Peternakan mempelajari tentang pengembangan teknologi dan manajemen bisnis di bidang peternakan. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap kurang bergengsi dan sulit mendapatkan pekerjaan. Namun, lulusan Peternakan memiliki peluang karir di industri peternakan, perusahaan pakan ternak, dan lembaga riset peternakan. Gaji awal lulusan Peternakan bisa mencapai Rp 4 juta per bulan.

8. Astronomi

Jurusan Astronomi mempelajari tentang fenomena alam semesta, seperti bintang, planet, dan galaksi. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap kurang praktis dan sulit mendapatkan pekerjaan. Namun, lulusan Astronomi memiliki peluang karir di lembaga riset astronomi, lembaga pendidikan, dan industri teknologi. Gaji awal lulusan Astronomi bisa mencapai Rp 4 juta per bulan.

9. Teknik Fisika

Jurusan Teknik Fisika mempelajari tentang pengembangan teknologi dan aplikasi fisika dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap sulit dan berat. Namun, lulusan Teknik Fisika memiliki peluang karir di industri teknologi, lembaga riset, dan perusahaan energi. Gaji awal lulusan Teknik Fisika bisa mencapai Rp 8 juta per bulan.

10. Teknik Pertanian

Jurusan Teknik Pertanian mempelajari tentang pengembangan teknologi dan inovasi dalam bidang pertanian. Jurusan ini sepi peminat karena dianggap kurang populer dan kurang menjanjikan. Padahal, lulusan Teknik Pertanian memiliki peluang karir di industri pertanian, lembaga riset pertanian, dan perusahaan agroindustri. Gaji awal lulusan Teknik Pertanian bisa mencapai Rp 5 juta per bulan.

Pos Terkait:  Staff Operasional: Peran dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan

Kesimpulan

Jangan salah pilih jurusan kuliah yang sepi peminat karena kamu bisa kehilangan peluang karir yang menjanjikan di masa depan. Segera cari informasi yang tepat dan pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Ingat, gaji tinggi bukanlah segalanya, tapi pastikan kamu memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang karir yang baik dan sesuai dengan passion kamu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *