10 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Posted on

Banyak siswa SMA yang memilih jurusan kuliah IPA karena dianggap memiliki masa depan yang cerah. Namun, terkadang beberapa jurusan kuliah IPA jarang diminati oleh siswa. Padahal, jurusan kuliah tersebut memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Berikut 10 jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan:

1. Teknik Pertanian

Teknik pertanian merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengolahan tanah dan pengelolaan sumber daya alam. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang pertanian dan perkebunan. Lulusan teknik pertanian dapat bekerja sebagai peneliti, konsultan pertanian, atau pengusaha di bidang pertanian.

2. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan teknologi hasil perikanan mempelajari tentang pengolahan dan pengawetan ikan serta produk olahan ikan. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang perikanan dan industri makanan. Lulusan teknologi hasil perikanan dapat bekerja sebagai ahli pengolahan ikan, ahli gizi, atau pengusaha di bidang makanan.

3. Teknik Sipil Lingkungan

Teknik sipil lingkungan mempelajari tentang pengelolaan limbah dan lingkungan hidup. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang konservasi lingkungan, pembangunan infrastruktur, dan pengelolaan limbah. Lulusan teknik sipil lingkungan dapat bekerja sebagai konsultan lingkungan, insinyur lingkungan, atau pengusaha di bidang pengelolaan limbah.

Pos Terkait:  6,5 cm sama dengan berapa meter?

4. Fisika Medis

Fisika medis merupakan jurusan yang mempelajari tentang penggunaan teknologi fisika di bidang medis. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang kesehatan dan teknologi. Lulusan fisika medis dapat bekerja sebagai ahli teknologi medis, peneliti di bidang kesehatan, atau pengusaha di bidang teknologi medis.

5. Biologi Molekuler

Biologi molekuler merupakan jurusan yang mempelajari tentang struktur dan fungsi molekul biologis. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang penelitian dan pengembangan produk bioteknologi. Lulusan biologi molekuler dapat bekerja sebagai peneliti bioteknologi, ahli biologi molekuler, atau pengusaha di bidang bioteknologi.

6. Teknik Kelautan

Teknik kelautan mempelajari tentang pengelolaan sumber daya laut dan pesisir. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang perikanan, kelautan, dan pariwisata. Lulusan teknik kelautan dapat bekerja sebagai ahli kelautan, konsultan pariwisata, atau pengusaha di bidang perikanan.

7. Kimia Industri

Kimia industri merupakan jurusan yang mempelajari tentang produksi dan pengolahan bahan kimia. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang industri kimia dan farmasi. Lulusan kimia industri dapat bekerja sebagai ahli kimia, insinyur kimia, atau pengusaha di bidang industri kimia.

Pos Terkait:  Arti Kata Waste: Apa Itu Waste?

8. Astronomi

Astronomi merupakan jurusan yang mempelajari tentang benda-benda langit dan alam semesta. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang penelitian dan pengembangan teknologi. Lulusan astronomi dapat bekerja sebagai peneliti astronomi, ahli teknologi satelit, atau pengusaha di bidang teknologi.

9. Geofisika

Geofisika merupakan jurusan yang mempelajari tentang fenomena fisika di bumi dan planet lainnya. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang penelitian dan pengembangan energi dan sumber daya alam. Lulusan geofisika dapat bekerja sebagai peneliti energi, ahli geofisika, atau pengusaha di bidang energi.

10. Matematika Terapan

Matematika terapan merupakan jurusan yang mempelajari tentang aplikasi matematika dalam bidang teknologi dan sains. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik di bidang teknologi informasi, keuangan, dan riset. Lulusan matematika terapan dapat bekerja sebagai ahli matematika, analis risiko, atau pengusaha di bidang teknologi informasi.

Kesimpulan

Meskipun jarang diminati, 10 jurusan kuliah IPA di atas memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Oleh karena itu, bagi siswa SMA yang memiliki minat di bidang IPA, jangan ragu untuk memilih jurusan kuliah di atas. Selamat mengejar mimpi dan sukses selalu!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *