10 Jurusan IPA yang Tidak Banyak Dipilih sebagai Pilihan

Posted on

Banyak siswa SMA yang berada di jurusan IPA, namun tidak semua jurusan tersebut dianggap populer. Beberapa jurusan IPA memang kurang menarik bagi sebagian besar siswa, padahal jurusan tersebut bisa memberikan banyak manfaat di masa depan. Berikut adalah 10 jurusan IPA yang tidak banyak dipilih sebagai pilihan:

1. Teknik Pertambangan

Jurusan teknik pertambangan tidak banyak diminati karena terkesan kotor dan berat. Namun, teknik pertambangan sangat penting dalam mengelola sumber daya alam dan membangun infrastruktur. Lulusan teknik pertambangan juga memiliki peluang besar untuk bekerja di perusahaan yang besar dan mendapatkan gaji yang tinggi.

2. Pendidikan Teknik Informatika

Banyak siswa menganggap jurusan ini terlalu teknis dan sulit dimengerti. Padahal, pendidikan teknik informatika membuka peluang kerja yang luas di bidang teknologi informasi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai programmer, desainer web, dan pengembang aplikasi.

3. Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin seringkali dianggap sulit dan memerlukan kemampuan matematika yang tinggi. Namun, teknik mesin sangat penting dalam mengembangkan industri dan teknologi. Lulusan teknik mesin dapat bekerja di berbagai industri seperti otomotif, pesawat terbang, dan energi.

Pos Terkait:  10 Skill yang Harus Dimiliki Kondektur

4. Biologi

Jurusan biologi dianggap kurang menarik karena terkesan membosankan dan tidak berkontribusi pada ekonomi. Padahal, biologi memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan lingkungan dan memperbaiki kualitas hidup manusia. Lulusan biologi dapat bekerja di bidang farmasi, konservasi, dan riset medis.

5. Fisika

Jurusan fisika seringkali dianggap sulit dan tidak bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, fisika memiliki peran penting dalam mengembangkan teknologi dan membuat penemuan baru. Lulusan fisika dapat bekerja di bidang riset dan pengembangan teknologi.

6. Kimia

Jurusan kimia dianggap sulit dan membosankan karena melibatkan banyak rumus dan perhitungan. Padahal, kimia sangat penting dalam mengembangkan produk dan teknologi baru. Lulusan kimia dapat bekerja di bidang farmasi, petrokimia, dan riset dan pengembangan produk.

7. Teknik Geologi

Jurusan teknik geologi seringkali dianggap kurang menarik karena hanya terkait dengan eksplorasi mineral dan sumber daya alam. Padahal, teknik geologi sangat penting dalam mengelola sumber daya alam dan membangun infrastruktur. Lulusan teknik geologi dapat bekerja di perusahaan tambang, konsultasi teknik, dan konservasi alam.

8. Astronomi

Jurusan astronomi dianggap kurang menarik karena tidak bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, astronomi memiliki peran penting dalam mempelajari alam semesta dan mengembangkan teknologi ruang angkasa. Lulusan astronomi dapat bekerja di bidang riset dan pengembangan teknologi ruang angkasa.

Pos Terkait:  Arti Kata PH: Apa itu PH dan Bagaimana Pengukurannya?

9. Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia seringkali dianggap sulit dan membosankan karena melibatkan banyak perhitungan dan rumus. Padahal, teknik kimia sangat penting dalam mengembangkan produk dan teknologi baru. Lulusan teknik kimia dapat bekerja di bidang farmasi, petrokimia, dan riset dan pengembangan produk.

10. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro dianggap sulit dan memerlukan kemampuan matematika yang tinggi. Namun, teknik elektro sangat penting dalam mengembangkan teknologi informasi dan energi. Lulusan teknik elektro dapat bekerja di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan energi.

Itulah 10 jurusan IPA yang tidak banyak dipilih sebagai pilihan. Padahal, setiap jurusan memiliki manfaat dan peluang kerja yang besar. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Sumber: https://www.idntimes.com/education/career/nadhira-izzati/jurusan-ipa-yang-tidak-banyak-dipilih-c1c2/10

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *