10 Jenis Pekerjaan Jurusan IPS

Posted on

Jurusan IPS atau ilmu sosial adalah salah satu jurusan yang diminati oleh banyak siswa di seluruh Indonesia. Jurusan ini menawarkan berbagai pelajaran seperti sosiologi, sejarah, ekonomi, dan politik. Banyak orang berpikir bahwa jurusan ini hanya mengarah pada karir sebagai guru atau pemerintah. Namun, sebenarnya ada banyak pekerjaan yang bisa ditempuh oleh lulusan jurusan IPS. Berikut adalah 10 jenis pekerjaan yang bisa ditempuh oleh lulusan jurusan IPS.

1. Tenaga Peneliti

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda akan memiliki kemampuan untuk melakukan riset di berbagai bidang seperti penelitian sosial, ekonomi, dan politik. Anda bisa bekerja di lembaga penelitian atau universitas sebagai tenaga peneliti. Tugas Anda adalah mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi masyarakat.

2. Konsultan Bisnis

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda juga bisa menjadi konsultan bisnis. Anda akan membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi bisnis yang tepat berdasarkan analisis data dan tren pasar. Anda juga akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi yang tepat.

Pos Terkait:  Pewarna Rambut Merah Campur Coklat Jadi Warna Apa?

3. Pengajar

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda bisa menjadi pengajar di sekolah atau perguruan tinggi. Anda akan mengajar mata pelajaran seperti sejarah, sosiologi, atau ekonomi. Anda akan membantu siswa untuk memahami konsep dan prinsip dasar dalam bidang ilmu sosial.

4. Analis Kebijakan Publik

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda juga bisa menjadi analis kebijakan publik. Anda akan membantu pemerintah atau organisasi non-profit untuk mengembangkan kebijakan publik yang efektif dan efisien. Tugas Anda adalah mengumpulkan data, menganalisis kebijakan yang ada, dan memberikan saran untuk meningkatkan kebijakan tersebut.

5. Pengamat Politik

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda juga bisa menjadi pengamat politik. Anda akan mengamati dan menganalisis kebijakan politik yang diambil oleh pemerintah dan partai politik. Anda juga akan memberikan analisis tentang bagaimana kebijakan politik tersebut mempengaruhi masyarakat dan ekonomi.

6. Penulis

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda bisa menjadi penulis. Anda bisa menulis buku atau artikel tentang topik-topik seperti sejarah, politik, atau sosial. Anda akan menggunakan pengetahuan dan keterampilan Anda untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat dan menarik bagi pembaca.

7. Konsultan Pendidikan

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda juga bisa menjadi konsultan pendidikan. Anda akan membantu sekolah atau lembaga pendidikan untuk mengembangkan program pendidikan yang efektif dan efisien. Anda juga akan membantu guru untuk mengembangkan kurikulum dan metode pengajaran yang tepat.

Pos Terkait:  Mengapa FATF Memberikan Sanksi Blacklist kepada Indonesia?

8. Pengembang Program Sosial

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda juga bisa menjadi pengembang program sosial. Anda akan membantu organisasi non-profit untuk mengembangkan program sosial yang tepat untuk masyarakat yang membutuhkan. Anda juga akan membantu dalam mengumpulkan dana dan sumber daya untuk mendukung program tersebut.

9. Manajer Sumber Daya Manusia

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda bisa menjadi manajer sumber daya manusia. Anda akan bertanggung jawab dalam merekrut, melatih, dan mengembangkan karyawan dalam perusahaan. Anda juga akan membantu dalam mengembangkan kebijakan dan prosedur untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

10. Pemerhati Lingkungan

Sebagai lulusan dari jurusan IPS, Anda juga bisa menjadi pemerhati lingkungan. Anda akan membantu organisasi lingkungan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Anda juga akan membantu dalam mengembangkan program untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Kesimpulan

Jurusan IPS menawarkan banyak peluang karir yang menarik bagi lulusannya. Sebagai lulusan dari jurusan ini, Anda memiliki kemampuan untuk melakukan riset, analisis, dan memberikan solusi untuk masalah sosial, politik, dan ekonomi. Anda juga memiliki keterampilan untuk mengembangkan program sosial dan kebijakan publik yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, jangan meremehkan nilai dari jurusan ini dan pertimbangkan untuk mengejar karir di bidang yang cocok dengan minat dan kemampuan Anda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *