10 Contoh Kalimat Checking for Understanding

Posted on

Sebagai seorang guru, memastikan bahwa siswa memahami pelajaran adalah hal penting. Salah satu cara untuk memastikan pemahaman mereka adalah dengan melakukan checking for understanding. Berikut adalah 10 contoh kalimat checking for understanding yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

1. Apa yang dapat kamu simpulkan dari pelajaran ini?

Kalimat ini digunakan untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi yang telah disampaikan. Dengan menjawab pertanyaan ini, siswa diharapkan dapat merangkum inti dari pelajaran yang telah dijelaskan.

2. Bisakah kamu menjelaskan kembali tentang topik yang telah kita bahas?

Pertanyaan ini dapat membantu guru menilai sejauh mana siswa memahami materi yang telah disampaikan. Siswa diharapkan dapat menjelaskan kembali topik yang telah dibahas secara detail.

Pos Terkait:  Corak Seni Lukis Dapat Dikelompokan Menjadi Tiga Yaitu

3. Apa yang membuatmu bingung tentang pelajaran ini?

Dengan bertanya seperti ini, guru dapat mengetahui apakah ada bagian dari pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Hal ini dapat membantu guru untuk memberikan penjelasan tambahan atau mengoreksi pemahaman siswa yang salah.

4. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Pertanyaan ini dapat membantu guru memastikan siswa telah memahami pelajaran yang telah disampaikan. Siswa diharapkan dapat merangkum apa yang telah mereka pelajari pada hari itu.

5. Apakah ada pertanyaan tentang pelajaran yang telah kita bahas?

Pertanyaan ini dapat membantu guru mengetahui apakah ada siswa yang masih bingung atau dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan tambahan.

6. Bagaimana kamu akan menerapkan pelajaran ini dalam kehidupan sehari-hari?

Dengan bertanya seperti ini, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa dapat menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami pentingnya pelajaran.

7. Apa yang kamu sukai dari pelajaran ini?

Pertanyaan ini tidak hanya membantu guru mengetahui pemahaman siswa, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk membagikan pendapat mereka tentang pelajaran tersebut. Hal ini dapat membantu siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar.

Pos Terkait:  Cara Mengembangkan Naskah Pidato

8. Apa yang kamu pikirkan tentang konsep yang telah kita pelajari?

Dengan bertanya seperti ini, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami konsep yang telah disampaikan. Siswa diharapkan dapat memberikan pendapat mereka tentang konsep tersebut.

9. Bagaimana kamu akan mengajarkan pelajaran ini kepada orang lain?

Dengan bertanya seperti ini, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami pelajaran dan mengajarkan kembali kepada orang lain. Hal ini dapat membantu siswa lebih memahami pelajaran dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar.

10. Bisakah kamu memberikan contoh dari konsep yang telah kita bahas?

Pertanyaan ini dapat membantu guru mengetahui sejauh mana siswa memahami konsep yang telah disampaikan. Siswa diharapkan dapat memberikan contoh nyata dari konsep tersebut.

Kesimpulan

Checking for understanding adalah hal penting dalam pembelajaran. Dengan menggunakan kalimat-kalimat yang tepat, guru dapat memastikan bahwa siswa memahami pelajaran yang telah disampaikan. Berikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat mereka tentang pelajaran yang telah dijelaskan. Dengan begitu, siswa dapat lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar.

Related posts:
Pos Terkait:  Arti Kata Kebijakan: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *