10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Kelautan

Posted on

1. Peluang Kerja yang Menjanjikan

Jurusan teknik kelautan menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan peluang kerja yang besar di masa depan. Pasalnya, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki banyak potensi di sektor kelautan dan perikanan. Dengan lulusan teknik kelautan, Anda bisa bekerja di berbagai bidang seperti pembangunan kapal, eksplorasi laut, perikanan, dll.

2. Gaji yang Tinggi

Karena peluang kerja yang besar, gaji yang ditawarkan untuk lulusan teknik kelautan pun cukup tinggi. Bahkan, gaji awal lulusan teknik kelautan bisa mencapai lebih dari 5 juta rupiah per bulan.

3. Menjadi Ahli dalam Teknologi Kelautan

Jurusan teknik kelautan membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi kelautan. Dengan menjadi ahli dalam teknologi kelautan, Anda bisa mengembangkan teknologi baru yang dapat membantu meningkatkan produktivitas di sektor kelautan dan perikanan.

Pos Terkait:  Kalimat Deklaratif: Pengertian dan Contoh

4. Berkontribusi dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia

Dengan menguasai teknologi kelautan, lulusan teknik kelautan dapat berkontribusi dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Misalnya, dengan mengembangkan teknologi penangkapan ikan yang lebih efisien atau teknologi pembuatan kapal yang lebih modern dan efektif.

5. Menjelajahi Dunia

Jurusan teknik kelautan membuka peluang bagi mahasiswanya untuk menjelajahi dunia. Anda bisa bekerja di perusahaan pelayaran internasional dan menjelajahi berbagai negara di dunia.

6. Mempelajari Ilmu Pengetahuan yang Menarik

Jurusan teknik kelautan membuka kesempatan bagi mahasiswanya untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang menarik. Anda akan belajar tentang konstruksi kapal, mesin kapal, sistem navigasi, sistem komunikasi, dll.

7. Menjadi Ahli dalam Keselamatan Kapal

Jurusan teknik kelautan juga membekali mahasiswanya dengan pengetahuan tentang keselamatan kapal. Hal ini sangat penting untuk menjamin keselamatan para awak kapal dan kargo yang diangkut.

8. Membuka Peluang untuk Studi Lanjut

Jika Anda ingin mengejar studi lanjut di luar negeri, jurusan teknik kelautan dapat membuka peluang untuk itu. Banyak universitas di luar negeri yang menawarkan program studi teknik kelautan dengan standar internasional.

9. Menjadi Ahli dalam Energi Terbarukan

Jurusan teknik kelautan juga membuka peluang untuk mempelajari energi terbarukan seperti energi angin, energi gelombang laut, dan energi surya. Dengan menjadi ahli di bidang energi terbarukan, Anda bisa membantu mengembangkan teknologi baru untuk mengurangi penggunaan energi fosil.

Pos Terkait:  Apa Sih Perbedaan Sarjana dan Pascasarjana Berikut 10 Ulasannya

10. Memberikan Kontribusi untuk Lingkungan

Teknik kelautan juga membuka peluang bagi mahasiswanya untuk memberikan kontribusi untuk lingkungan. Misalnya, dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan untuk pengolahan limbah kapal atau teknologi pengurangan emisi gas rumah kaca.

Kesimpulan

Jurusan teknik kelautan menawarkan banyak peluang dan manfaat bagi mahasiswanya. Dengan lulusan teknik kelautan, Indonesia bisa lebih maju di bidang kelautan dan perikanan. Selain itu, lulusan teknik kelautan juga bisa berkontribusi dalam pengembangan teknologi dan lingkungan. Oleh karena itu, memilih jurusan teknik kelautan bisa menjadi investasi yang baik bagi masa depan Anda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *