1. Kata “Terakhir” merupakan Konjungsi. A.tujuan B.

Posted on

Dalam bahasa Indonesia, ada banyak jenis kata yang digunakan untuk membentuk kalimat. Salah satunya adalah konjungsi. Konjungsi adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau lebih. Salah satu konjungsi yang sering digunakan adalah kata “terakhir”.

Apa itu Kata “Terakhir”?

Kata “terakhir” adalah konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang memiliki hubungan sebab-akibat. Kata ini menunjukkan bahwa kalimat pertama adalah penyebab dari kalimat kedua. Contohnya adalah:

“Saya makan terlalu banyak, terakhir saya merasa mual.”

Pada kalimat di atas, kalimat pertama (“saya makan terlalu banyak”) adalah penyebab dari kalimat kedua (“saya merasa mual”). Kata “terakhir” digunakan untuk menghubungkan kedua kalimat tersebut dan menunjukkan hubungan sebab-akibat di antara keduanya.

Tujuan Penggunaan Kata “Terakhir”

Penggunaan kata “terakhir” dalam kalimat bertujuan untuk menunjukkan bahwa ada hubungan sebab-akibat di antara dua kalimat. Dengan kata lain, kalimat pertama adalah penyebab dari kalimat kedua. Hal ini berguna untuk menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan efektif.

Contohnya, jika kita ingin menyampaikan bahwa kita merasa mual karena makan terlalu banyak, kita dapat menggunakan kalimat:

Pos Terkait:  Carilah Arti Kata Resonansi di KBBI

“Saya merasa mual karena saya makan terlalu banyak.”

Namun, kalimat tersebut terasa kurang efektif karena tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat dengan jelas. Dengan menggunakan kata “terakhir”, kalimat tersebut menjadi:

“Saya makan terlalu banyak, terakhir saya merasa mual.”

Kalimat tersebut lebih jelas dan efektif dalam menyampaikan informasi tentang hubungan sebab-akibat di antara dua kalimat.

Contoh Penggunaan Kata “Terakhir”

Beberapa contoh penggunaan kata “terakhir” dalam kalimat adalah:

1. Saya belajar dengan giat, terakhir saya mendapatkan nilai bagus.

2. “Saya terlambat ke kantor, terakhir saya ditegur oleh atasan.”

3. “Saya tidak memakai helm saat berkendara, terakhir saya mengalami kecelakaan.”

Dalam ketiga kalimat di atas, kata “terakhir” digunakan untuk menunjukkan hubungan sebab-akibat di antara dua kalimat.

Kesimpulan

Kata “terakhir” merupakan konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang memiliki hubungan sebab-akibat. Penggunaan kata ini bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan efektif. Beberapa contoh penggunaan kata “terakhir” dalam kalimat adalah ketika ingin menyampaikan hubungan sebab-akibat antara belajar dan nilai yang didapatkan, terlambat ke kantor dan ditegur oleh atasan, serta tidak memakai helm saat berkendara dan mengalami kecelakaan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *