1 Gross Berapa Lusin???? – Pahami Konversi Satuan Dalam Berbelanja

Posted on

Anda pasti pernah mendengar istilah “gross” dan “lusin” saat berbelanja. Namun, tahukah Anda apa artinya dan bagaimana cara mengonversi satuan ini?

Apa Itu Gross dan Lusin?

Sebelum membahas mengenai konversi, mari kita pahami terlebih dahulu apa arti dari gross dan lusin.

Gross adalah satuan pengukuran yang biasanya digunakan dalam perdagangan grosir dan industri. Satu gross sama dengan 144 buah barang atau 12 lusin.

Sementara itu, lusin adalah satuan pengukuran yang biasanya digunakan dalam perdagangan retail. Satu lusin sama dengan 12 buah barang.

Bagaimana Mengonversi Satuan Gross ke Lusin?

Bagi sebagian orang, konversi satuan bisa terdengar membingungkan. Namun, sebenarnya konversi dari gross ke lusin sangatlah mudah.

Karena satu gross sama dengan 12 lusin, maka untuk mengonversi dari gross ke lusin, Anda hanya perlu membagi jumlah barang dengan 12.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki 72 buah barang, maka untuk mengonversi ke lusin, Anda hanya perlu membagi 72 dengan 12. Hasilnya adalah 6 lusin.

Pos Terkait:  Sebutkan 3 Tokoh Cendekiawan Muslim di Bidang Ilmu Kedokteran

Bagaimana Mengonversi Satuan Lusin ke Gross?

Sebaliknya, jika Anda ingin mengonversi satuan lusin ke gross, maka Anda hanya perlu mengalikan jumlah barang dengan 12.

Misalnya, jika Anda memiliki 8 lusin barang, maka untuk mengonversi ke gross, Anda hanya perlu mengalikan 8 dengan 12. Hasilnya adalah 96 buah barang atau 0,67 gross.

Contoh Penggunaan Satuan Gross dan Lusin

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan penggunaan satuan gross dan lusin, berikut ini beberapa contoh penggunaannya:

1. Seorang penjual kue ingin membeli bahan baku dalam jumlah yang besar untuk dijual lagi. Ia memesan 10 gross tepung terigu. Berapa jumlah tepung terigu yang dipesan?

Jawabannya adalah 1.440 kg atau 120 lusin.

2. Seorang penjual baju ingin membeli stok baju dalam jumlah yang besar untuk dijual lagi. Ia memesan 5 lusin kemeja. Berapa jumlah kemeja yang dipesan?

Jawabannya adalah 60 buah atau 0,42 gross.

Kesimpulan

Dalam berbelanja, penting untuk memahami konversi satuan agar tidak salah dalam menghitung jumlah barang yang dibeli atau dijual. Satuan gross dan lusin adalah dua satuan umum yang digunakan dalam perdagangan grosir dan retail. Untuk mengonversinya, Anda hanya perlu mengalikan atau membagi jumlah barang dengan angka yang sesuai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam berbelanja!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *