1 DM Sama dengan Berapa CM? Yuk, Simak Penjelasannya!

Posted on

Anda pasti pernah mendengar satuan panjang seperti centimeter (cm) dan decimeter (dm). Namun, apakah Anda tahu berapa nilai 1 dm dalam satuan cm?

Pengertian Satuan Panjang

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian satuan panjang. Satuan panjang adalah satuan yang digunakan untuk mengukur jarak atau panjang suatu benda. Ada beberapa satuan panjang yang umum digunakan, seperti milimeter (mm), sentimeter (cm), meter (m), dan kilometer (km).

Pengertian Decimeter

Decimeter (dm) adalah satuan panjang yang setara dengan sepuluh sentimeter (10 cm) atau seratus milimeter (100 mm). Satuan ini biasanya digunakan dalam pengukuran panjang benda yang tidak terlalu besar, seperti kertas, pita pengukur, atau kain.

Pengertian Centimeter

Centimeter (cm) adalah satuan panjang yang setara dengan seperseratus meter (1/100 m) atau sepuluh milimeter (10 mm). Satuan ini biasanya digunakan dalam pengukuran panjang benda yang relatif kecil, seperti pensil, buku, atau baju.

1 DM Sama dengan Berapa CM?

Setelah memahami pengertian satuan panjang, decimeter, dan centimeter, kini saatnya mengetahui berapa nilai 1 dm dalam satuan cm. Untuk mengkonversi satuan ini, kita perlu memahami nilai konversi antara dm dan cm.

Pos Terkait:  Mengapa Model Rumah Rumahan Termasuk Karya Tiga Dimensi

1 dm sama dengan 10 cm. Artinya, jika Anda ingin mengkonversi nilai dm menjadi cm, Anda cukup mengalikan nilai dm dengan 10. Sebagai contoh, jika Anda memiliki benda yang panjangnya 3 dm, maka nilai panjang tersebut adalah:

3 dm x 10 = 30 cm

Dengan demikian, nilai 1 dm sama dengan 10 cm.

Contoh Soal Konversi Satuan Panjang

Untuk memperjelas pemahaman Anda, berikut ini beberapa contoh soal konversi satuan panjang dari dm ke cm.

1. Berapa nilai 5 dm dalam satuan cm?

Jawab:

5 dm x 10 = 50 cm

2. Berapa nilai 8 dm dalam satuan cm?

Jawab:

8 dm x 10 = 80 cm

3. Berapa nilai 12 dm dalam satuan cm?

Jawab:

12 dm x 10 = 120 cm

Dari contoh soal di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk mengkonversi nilai dm menjadi cm, Anda cukup mengalikan nilai dm dengan 10.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa 1 dm sama dengan 10 cm. Untuk mengkonversi nilai dm menjadi cm, cukup mengalikan nilai dm dengan 10. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai satuan panjang dan konversi satuan.

Related posts:
Pos Terkait:  Arti Kata Langka Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *