Istilah Perulangan dalam Pemrograman Pascal Dikenal

Posted on

Pengenalan tentang Pemrograman Pascal

Pascal adalah sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan pada tahun 1970 oleh Niklaus Wirth. Bahasa pemrograman ini terkenal karena mudah dipelajari dan digunakan untuk mengajarkan konsep dasar pemrograman kepada mahasiswa. Salah satu fitur yang paling penting dalam Pascal adalah kemampuan untuk melakukan perulangan.

Definisi Perulangan dalam Pemrograman Pascal

Perulangan adalah sebuah struktur kontrol yang memungkinkan untuk melakukan eksekusi kode yang sama berulang-ulang selama kondisi tertentu terpenuhi. Dalam Pascal, ada dua jenis perulangan yang umum digunakan, yaitu perulangan for dan perulangan while.

Perulangan For

Perulangan for digunakan ketika kita sudah mengetahui berapa kali kode harus diulang. Struktur perulangan for terdiri dari tiga bagian, yaitu inisialisasi variabel, kondisi, dan perubahan variabel. Contoh kode untuk perulangan for adalah sebagai berikut:

for i := 1 to 10 do

begin

// kode yang akan diulang sebanyak 10 kali

end;

Perulangan While

Perulangan while digunakan ketika kita tidak tahu berapa kali kode harus diulang. Perulangan while akan terus berjalan selama kondisi terpenuhi. Contoh kode untuk perulangan while adalah sebagai berikut:

Pos Terkait:  Mengapa Yunani Disebut sebagai Pusat Peradaban Dunia Sampai Saat Ini

while kondisi do

begin

// kode yang akan diulang selama kondisi terpenuhi

end;

Perbedaan antara Perulangan For dan While

Perulangan for digunakan ketika kita tahu berapa kali kode harus diulang, sementara perulangan while digunakan ketika kita tidak tahu berapa kali kode harus diulang. Perulangan for juga lebih efisien daripada perulangan while karena kita sudah mengetahui berapa kali kode akan diulang.

Contoh Penggunaan Perulangan dalam Pemrograman Pascal

Berikut adalah contoh penggunaan perulangan dalam pemrograman Pascal:

program perulangan;

var

i: integer;

begin

// contoh penggunaan perulangan for

for i := 1 to 10 do

begin

writeln(‘Perulangan ke-‘, i);

end;

// contoh penggunaan perulangan while

i := 1;

while i

begin

writeln(‘Perulangan ke-‘, i);

i := i + 1;

end;

end.

Output dari program tersebut akan mencetak tulisan “Perulangan ke-” dari 1 sampai 10.

Kesimpulan

Perulangan adalah salah satu struktur kontrol yang penting dalam pemrograman Pascal. Ada dua jenis perulangan yang umum digunakan, yaitu perulangan for dan perulangan while. Perulangan for digunakan ketika kita tahu berapa kali kode harus diulang, sementara perulangan while digunakan ketika kita tidak tahu berapa kali kode harus diulang. Dalam penggunaannya, kita harus memperhatikan efisiensi dan kesesuaian dengan kondisi yang diberikan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *